E-Sport Sebagai Sarana Diplomasi Publik Arab Saudi Melalui Program Saudi Vision 2030
Abstract
E-Sports merupakan olahraga baru yang berkembang pesat di era globalisasi. Dalam lima tahun terakhir, lima negara konsisten berada di peringkat teratas dalam memanfaatkan E-Sports untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Arab Saudi menjadi salah satu negara yang mulai menjadikan E-Sports sebagai bagian dari diversifikasi ekonomi nasional melalui program ambisius Saudi Vision 2030, dengan tujuan menjadikan negaranya pusat global untuk gaming dan E-Sports. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan diplomasi publik Arab Saudi dalam memanfaatkan E-Sports melalui tiga dimensi diplomasi publik menurut Mark Leonard, yaitu News Management, Strategic Communication, dan Relationship Building. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi, media berita, dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Arab Saudi telah melakukan diplomasi publik dalam menggunakan E-Sports seperti pada News Managemen Arab Saudi merespons dengan cepat dan bijak adanya isu Sportswashing. Pada Strategic Communication mereka melakukan kampanye branding nasional melalui National Gaming and Esports Strategy didukung oleh program NEOM dan Qiddiya. Yang terakhir pada Relationship Building, Arab Saudi menjalin kerja sama luas, termasuk dengan IOC untuk menyelenggarakan Esports Olympic pertama di dunia.